Rabu, 05 Desember 2012

Pengalaman ng-MC di acara Kemenpora RI



Pengalaman ng-MC kali ini terasa beda dari event-event sebelumnya. Selasa, 5 Desember 2012 malam yang lalu, bertempat di Hotel JW Marriot Jakarta, saya diminta menjadi MC. Ini job rada mendadak sebenernya, tapi untungnya pas lagi ga ada jadwal ng-MC atau acara keluarga lainnya pada hari itu. Ceritanya ini adalah acara Gala Dinner, perjamuan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI terhadap rombongan kontingen dari China atau China Youth Delegations. Mereka terdiri dari ratusan orang yang berprofesi sebagai Atlet, Pengusaha, Wartawan dan juga dari pemerintahan negaranya. Ya mereka adalah wakil negaranya untuk hubungan kepemudaan antara Indonesia dan Cina. Baca: http://kemenpora.go.id/index/preview/berita/6878

Di depan Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, DR. Alfitra Salamm APU, Asisten Deputi Sumber Daya Pemuda, Amung Ma'mun, Kabag Humas Ahmad Arsani, perwakilan DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jakarta dan seluruh anggota China Youth Delegations, saya memandu acara yang berlangsung selama kurang lebih 3 jam itu. 

Well, kali ini terasa beda, karena saya dikasih pasangan ng-MC seorang cowo Cina bernama Panji. Menjadi seru, karena ternyata Panji ini tidak biasa memandu acara, tetapi memang sering diminta oleh rombongannya untuk menjadi entrepreteur (penerjemah) bagi rekan-rekannya untuk acara-acara jamuan seperti ini. Jadilah saya tidak hanya memandu acara secara umum, tetapi juga memandu Panji agar dia tau kapan dia mulai menterjemahkan kalimat-kalimat yang saya ucapkan, kedalam bahasa Cina. Bahkan dia sendiri kesulitan saat menyebutkan nama saya pada saat kami memperkenalkan diri. “Aa..Tita.. ee Ibu Sari..”, kata Panji sambil tersenyum dan menunduk ke saya, tanda mohon maaf karena sulit menyebutkan nama saya. Hahahahaha.. Saya pun santai saja, menanggapinya didepan ratusan tamu yang hadir, karena saya juga ingin membuat Panji bisa rileks saat mendampingi saya ng-MC di depan.
Saya bersama Panji. Kenapa fotonya kebalik ya??!

Acara jamuan makan malam ini dibuka dengan tarian khas Betawi, Kinang Kilaras yang membuat decak kagum dari semua anggota China Youth Delegations. Itu terlihat dari kekhusyukan dan banyaknya HP yang on untuk memotret dan merekam tarian tersebut. Lalu dilanjutkan dengan pertunjukkan Kungfu dan Tai Chi oleh perwakilan China Youth Delegations, sebagai penampilan ramah tamah balasan dari mereka. Sungguh mengesankan buat saya..  Betapa hubungan kedua negara ini, dibina dengan baik dalam kegiatan ini, yang sesungguhnya (mungkin) hanya kegiatan kecil dari sekian banyak agenda Kemenpora RI. Lalu ada seorang gadis China bernama Betty yang menyumbangkan sebuah lagu berbahasa Cina namun bergenre seriosa. So wonderful! Si Betty ini sebetulnya memiliki nama Cina, tetapi dia tau, saya akan kesulitan menyebutkan maupun membuat spelling-nya, makanya dia hanya kasih saya nama internasionalnya. Baca : http://kemenpora.go.id/index/preview/olahraga/6885
Saya diapit Betty (kiri) si penyanyi seriosa dan Karena (kanan).

Rombongan dari China Youth Delegations ini akan berada di Indonesia hingga tanggal 10 Desember 2012 mendatang, dengan berbagai agenda yang cukup padat akan mereka jalani. Diantaranya akan berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah dan juga ke Yogyakarta. Have fun ya guys..! Enjoy our lovely Indonesia..



Tidak ada komentar:

Mendidik Anak Untuk Bahagia

Add caption Beberapa hari lalu, tepatnya pas anak-anak didik saya di SFC Kids Futsal latihan, ceritanya saya membagikan piala yg sudah ...