Minggu, 16 September 2012

KFC Musicaholic Menjaga Stabilitas Bisnis KFC


 
Hari libur sekolah ceritanya ajak anak main ke playground dan makan di restoran cepat saji, yang kali ini harus saya sebutkan nama restonya, karena tulisan saya kali ini berhubungan dengan apa yang mau saya sampaikan. Ceritanya saya makan di KFC cabang yang kesekian ratusnya di daerah Bekasi. Saat sedang antri hingga makan, pikiran saya memuji akan keberhasilan band-band cemen yang “jualan” CD di KFC jadi band yang cukup bernama. Tapi ternyata kan kenyataannya ga Cuma band-band cemen aja yang “jual” CD, akhirnya banyak penyanyi solo ternama atau pun band besar akhirnya “jualan” CD di KFC ini. Ga tau deh, mereka yang mau atau management KFC yang nawarin mereka. Yang pasti pada akhirnya pasti kesepakatan mereka adalah Win-win-win solutions.

Yang saya tau, band yang ga terkenal yang pertama kali “jualan” CD di KFC adalah… wah?! Saya aja lupa nama band-nya.. tapi saya ingat betul lagunya, salah satu penggalan liriknya gini,”..bukannya aku takut akan kehilangan dirimu, tapi aku takut kehilangan cintamu..” Apa ya nama band-nya.. Ya itulah ya. Kalo ga salah itu sekitar 5 atau 6 tahun yang lalu ya. Hingga akhirnya sampe sekarang bejibun penyanyi dan band yang jual CD di KFC. Mungkin  saat ini udah pake waiting list ya.. Mulai dari penyanyi cilik, sampe penyanyi yang udah gede baik dari usia maupun namanya. Sebut aja yang tadi sempat saya liat CD-nya di jual di KFC, TRUTH. ini adalah Duo-nya Titi DJ dengan Ruth Sahanaya. Sedikit bahas ya, TRuth ini mungkin pecahannya 3 DIVA ya, setelah gara2 perceraian KD ama Anang, grup trio garapan Anang Hermansyah dan Jeffry Waworuntu ini jadi vakum yang mungkin sekarang juga udah bubar ya..? Tau ah..

Kembali ke beberapa penyanyi dan band yang CD-nya dijual di KFC, ada Agnes Monica, Slank, Ello, Opick, Umay bahkan band yang baru kayak Merpati? Iya ya.. kalo ga salah itu namanya, kok kayak nama maskapai penerbangan ya.. hehehehe. Ya dari berbagai nama band dan penyanyi, mulai dari yang sudah tenar hingga yang ingin tenar, saya melihat ada sebuah sistem yang baik dibalik management KFC yang membidangi penjualan CD ini. Dulu sekali, saya pernah membaca artikel tentang gebrakan KFC yang tidak hanya menjual makanan cepat saji, tetapi juga membundling penjualan makanannya dengan CD music yang dalam bahasa sales counter KFC, bonus CD. Hal itu dilakukan untuk memberikan sebuah refreshment dalam perkembangan bisnis KFC yang pada masa itu popularitasnya mulai turun dengan banyaknya pesaing di industri makanan cepat saji.  Sebuah hal yang tidak lazim pada masa itu, terkesan melawan arus dan bahkan mungkin oleh sebagian orang mencap, band-band yang CD-nya dijual di KFC adalah band-band kampung. Mungkin iya, pada masa-masa awal dirintisnya usaha itu. Bahkan menurut saya KFC maupun band yang CD-nya dijual di KFC mempunyai resiko image-nya saling bergantung. Kalau lagu band yang KFC jual adalah lagu yang ga laku di pasaran, itu mempengaruhi image KFC yang saat itu sedang redup menjadi semakin redup lagi. Sebaliknya, jika band tersebut lagunya bagus dan laku di pasaran, band tersebut seperti turun kelas, karena jualan CD di restoran cepat saji. Kayak ga mampu nembus toko-toko kaset besar aja..

Karena terus terang aja, buat saya contoh nyatanya adalah si band yang lagunya,”..bukannya aku takut akan kehilangan dirimu..tapi aku takut kehilangan cintamu..” sampe di alinea ini, saya ga berhasil mengingat nama band ini. Meski lagunya sukses tapi kan bikin orang inget mereka siapa. Tapi yang melekat di otak saya, mereka band jebolan KFC. Inti dari tulisan saya kali ini, saya ingin mengacungi jempol untuk ide KFC yang bekerja sama dengan para band atau penyanyi Indonesia dalam penjualan CD. Saya yakin sekali seiring dengan berjalannya waktu, alasan mereka saat ini bukan hanya untuk merefresh KFC, tetapi sudah bisa masuk ke alasan-alasan yang idealis, seperti ,”Kami KFC ingin dapat menjadi wadah bagi para musisi Indonesia dalam menjual karyanya..” atau bisa juga “ Kami KFC ingin membantu pemerintah dan para pelaku di industri musik Indonesia, agar jangan membeli CD palsu, karena dengan makan di KFC Anda sudah membantu pemerintah dalam mengurangi pembelian CD palsu dan membantu musisi Indonesia dalam menghargai karya musik anak bangsa..” atau bla..bla..bla..

Pastinya untung banget ya.. lah wong sekarang sekelas Agnes Monica dan Slank aja jualan CD disini J Dan selain itu menurut saya, KFC juga sudah berhasil menjaga stabilitas bisnis mereka, yang kalo bahasa industri Radio, positioning KFC sebagai restoran cepat saji lebih jelas dan lebih matang.

Tidak ada komentar:

Mendidik Anak Untuk Bahagia

Add caption Beberapa hari lalu, tepatnya pas anak-anak didik saya di SFC Kids Futsal latihan, ceritanya saya membagikan piala yg sudah ...