Hari libur sekolah ceritanya ajak anak main ke playground
dan makan di restoran cepat saji, yang kali ini harus saya sebutkan nama
restonya, karena tulisan saya kali ini berhubungan dengan apa yang mau saya
sampaikan. Ceritanya saya makan di KFC cabang yang kesekian ratusnya di daerah
Bekasi. Saat sedang antri hingga makan, pikiran saya memuji akan keberhasilan
band-band cemen yang “jualan” CD di KFC jadi band yang cukup bernama. Tapi
ternyata kan kenyataannya ga Cuma band-band cemen aja yang “jual” CD, akhirnya
banyak penyanyi solo ternama atau pun band besar akhirnya “jualan” CD di KFC
ini. Ga tau deh, mereka yang mau atau management KFC yang nawarin mereka. Yang
pasti pada akhirnya pasti kesepakatan mereka adalah Win-win-win solutions.
Yang saya tau, band yang ga terkenal yang pertama kali “jualan”
CD di KFC adalah… wah?! Saya aja lupa nama band-nya.. tapi saya ingat betul
lagunya, salah satu penggalan liriknya gini,”..bukannya
aku takut akan kehilangan dirimu, tapi aku takut kehilangan cintamu..” Apa
ya nama band-nya.. Ya itulah ya. Kalo ga salah itu sekitar 5 atau 6 tahun yang
lalu ya. Hingga akhirnya sampe sekarang bejibun penyanyi dan band yang jual CD
di KFC. Mungkin saat ini udah pake waiting list ya.. Mulai dari penyanyi
cilik, sampe penyanyi yang udah gede baik dari usia maupun namanya. Sebut aja
yang tadi sempat saya liat CD-nya di jual di KFC, TRUTH. ini adalah Duo-nya
Titi DJ dengan Ruth Sahanaya. Sedikit bahas ya, TRuth ini mungkin pecahannya 3
DIVA ya, setelah gara2 perceraian KD ama Anang, grup trio garapan Anang
Hermansyah dan Jeffry Waworuntu ini jadi vakum yang mungkin sekarang juga udah
bubar ya..? Tau ah..
Kembali ke beberapa penyanyi dan band yang CD-nya dijual di
KFC, ada Agnes Monica, Slank, Ello, Opick, Umay bahkan band yang baru kayak
Merpati? Iya ya.. kalo ga salah itu namanya, kok kayak nama maskapai
penerbangan ya.. hehehehe. Ya dari berbagai nama band dan penyanyi, mulai dari
yang sudah tenar hingga yang ingin tenar, saya melihat ada sebuah sistem yang
baik dibalik management KFC yang membidangi penjualan CD ini. Dulu sekali, saya
pernah membaca artikel tentang gebrakan KFC yang tidak hanya menjual makanan
cepat saji, tetapi juga membundling penjualan makanannya dengan CD music yang
dalam bahasa sales counter KFC, bonus CD. Hal itu dilakukan untuk memberikan
sebuah refreshment dalam perkembangan bisnis KFC yang pada masa itu
popularitasnya mulai turun dengan banyaknya pesaing di industri makanan cepat
saji. Sebuah hal yang tidak lazim pada
masa itu, terkesan melawan arus dan bahkan mungkin oleh sebagian orang mencap,
band-band yang CD-nya dijual di KFC adalah band-band kampung. Mungkin iya, pada
masa-masa awal dirintisnya usaha itu. Bahkan menurut saya KFC maupun band yang
CD-nya dijual di KFC mempunyai resiko image-nya saling bergantung. Kalau lagu
band yang KFC jual adalah lagu yang ga laku di pasaran, itu mempengaruhi image
KFC yang saat itu sedang redup menjadi semakin redup lagi. Sebaliknya, jika
band tersebut lagunya bagus dan laku di pasaran, band tersebut seperti turun
kelas, karena jualan CD di restoran cepat saji. Kayak ga mampu nembus toko-toko
kaset besar aja..
Karena terus terang aja, buat saya contoh nyatanya adalah si
band yang lagunya,”..bukannya aku takut
akan kehilangan dirimu..tapi aku takut kehilangan cintamu..” sampe di
alinea ini, saya ga berhasil mengingat nama band ini. Meski lagunya sukses tapi
kan bikin orang inget mereka siapa. Tapi yang melekat di otak saya, mereka band
jebolan KFC. Inti dari tulisan saya kali ini, saya ingin mengacungi jempol
untuk ide KFC yang bekerja sama dengan para band atau penyanyi Indonesia dalam
penjualan CD. Saya yakin sekali seiring dengan berjalannya waktu, alasan mereka
saat ini bukan hanya untuk merefresh KFC, tetapi sudah bisa masuk ke
alasan-alasan yang idealis, seperti ,”Kami KFC ingin dapat menjadi wadah bagi
para musisi Indonesia dalam menjual karyanya..” atau bisa juga “ Kami KFC ingin
membantu pemerintah dan para pelaku di industri musik Indonesia, agar jangan
membeli CD palsu, karena dengan makan di KFC Anda sudah membantu pemerintah
dalam mengurangi pembelian CD palsu dan membantu musisi Indonesia dalam
menghargai karya musik anak bangsa..” atau bla..bla..bla..
Pastinya untung banget ya.. lah wong sekarang sekelas Agnes
Monica dan Slank aja jualan CD disini J
Dan selain itu menurut saya, KFC juga sudah berhasil menjaga stabilitas bisnis
mereka, yang kalo bahasa industri Radio, positioning
KFC sebagai restoran cepat saji lebih jelas dan lebih matang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar